Posted on Leave a comment

Ini Alat Pendukung dan Cara Merawat Oven Convection Agar Awet!

ilustrasi oven

Gas convection oven menawarkan fitur dan fungsi yang memadai, sehingga banyak digunakan untuk bisnis pastry dan bakery. Tentunya, bila ingin performa mesin oven tetap bekerja optimal, harus melakukan perawatan yang tepat. Lalu, bagaimana cara merawat mesinnya? Yuk, simak!

Cara Merawat Mesin Oven Convection

Pada umumnya, oven convection dibuat menggunakan bahan logam stainless steel yang sifatnya anti karat dan korosi. Material dari logam stainless ini juga tidak memiliki pori-pori, sehingga mudah untuk dibersihkan dari kuman maupun sisa kotoran yang menumpuk.

Kamu hanya memerlukan kain microfiber atau spons yang lembab, lalu cairan cuci piring untuk membersihkannya. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan noda oven yang menempel agar langsung dihilangkan. 

Sebab, bila kotoran mengendap terlalu lama pada logam stainless bisa membuatnya menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Untuk proses membersihkan noda yang menempel, bisa menggunakan soda kue yang dicampurkan dengan sedikit air. 

Kemudian, kamu dibuat menjadi pasta yang dioleskan pada kerak atau noda yang menempel. Tunggu sekitar 30 menit, bilas, dan keringkan menggunakan kain microfiber atau spons. Usapkan sampai benar-benar bersih. 

Apa Saja Alat Pendukung Untuk Oven Convection?

Agar proses memanggangnya lebih maksimal. Kamu memerlukan beberapa alat pendukung. Apa saja alat-alatnya? Lihat daftar alat pelengkap gas convection oven di bawah ini!

  1. Mixer Planetary

Mungkin masih banyak yang bertanya, apa itu planetary mixer? Mixer planetary sering disebut juga sebagai alat yang serbaguna karena mempunyai tiga jenis pengaduk yang dapat diganti sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat juga beberapa variasi kapasitas, mulai dari 3 kg / 15 liter hingga 10 kg / 40 kg. 

  1. Meja For Bakery

Selanjutnya adalah meja for bakery yang fungsinya untuk mengolah adonan kue setelah menggunakan mixer planetary yang nantinya akan membentuk adonan dan kemudian diletakkan ke dalam loyang. 

Untuk alat ini tersedia juga kapasitas 12 rak loyang yang berada di bawah meja. Alatnya pun mampu menampung 12 loyang dengan ukuran 40 x 60 cm. 

  1. Loyang Perforated

Alat pendukung oven convection lainnya adalah loyang perforated yang bentuknya berlubang-lubang dengan diameter kecil. Fungsinya adalah memaksimalkan proses baking adonan pada mesin convection. Suhu panas dan sirkulasi udara akan lebih merata dan menjangkau setiap sudut oven. Dengan begitu, hasil panggangan kue dan roti akan lebih matang secara maksimal. 

Kenapa Harus Menggunakan Oven Convection?

Mungkin sebagian orang masih banyak bertanya, apakah menguntungkan jika menggunakan tipe oven ini? Jawabannya, tentu saja iya. Mengapa? Karena hasil produksi jauh lebih maksimal, tingkat kematangannya rata, dan rasa adonan lebih berkualitas.

Suhu panas dari teknologi gas convection oven sangat stabil dan mudah diatur sesuai jenis adonan yang akan dibuat. Maka dari itu, akan sangat cocok jika digunakan untuk membuat kue kering karena menghasilkan rasa yang bertekstur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.