Posted on Leave a comment

Apa Itu Tradisional Espresso Machine?

ilustrasi kopi espresso

Kopi memang menjadi minuman yang banyak disukai orang, alasannya sederhana meskipun kopi pahit, tapi pahitnya bisa dinikmati dari zaman dulu sampai sekarang dan seiring perkembangan zaman kopi juga mengalami perkembangan, di mana terciptanya espresso yang memiliki citarasa unik, tentunya dengan metode traditional espresso machine menjadi salah satu menu minuman pilihan.

Apa Itu Espresso?

Secara singkat espresso merupakan salah satu kopi yang dihasilkan dengan proses penyeduhan, di mana dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Untuk espresso sendiri dibuat dengan menggiling kopi sampai halus, kemudian dipadatkan dan kopi mulai diseduh dengan tekanan yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan kopi yang kental.

Espresso sendiri secara dasarnya di ekstrak dari biji, sedangkan espresso adalah hasil dari ekstrak bubuk kopi yang telah dipadatkan atau ditekan. Untuk proses espresso yang dilakukan dengan cara yang manual memang cukup memakan waktu yang agak lama dibandingkan dengan kopi hitam biasa yang kadang masih terasa kasar dibandingkan espresso yang bubuknya sudah digiling dengan sangat halus.

Dengan adanya traditional espresso machine menjadi langkah yang tepat, di mana mesin yang digunakan untuk membuat espresso ini  memiliki teknik dan kandungan air yang berbeda kadang bisa terlihat tebal atau terlihat cenderung ringan.

Untuk di setiap espresso memiliki suatu komponen yang disebut crema, di mana sudah menjadi bagian dari espresso itu sendiri dengan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan karena secara teknis, bisa dikatakan espresso ketika 45 ml air digunakan pada 7 sampai 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer yang ada.

Selain itu espresso ternyata memiliki banyak kandungan kafein yang lebih tinggi, sehingga tidak heran jika Anda membeli espresso di kedai kopi, Anda akan mendapatkan porsi minuman yang lebih kecil dibandingan dengan minuman kopi biasa, walaupun pada sisi lainnya espresso juga bisa menjadi pilihan Anda untuk membatasi jumlah kafein yang Anda minum setiap harinya. 

Cara Kerja Tradisional Espresso Machine

  1. Tuangkan bubuk kopi di portafilter. 
  2. Padatkan bubuk kopi tersebut dengan tamper.
  3. Ekstrak bubuk kopi tersebut ke group head. 
  4. Kemudian bubuk kopi yang sudah dipadatkan dan ditekan tersebut akan bisa menghasilkan sebuah espresso yang bisa Anda nikmati.

Apakah Anda penikmat espresso? Jika iya, pastinya Anda tidak asing lagi dengan traditional espresso machine ini, di mana mesin espresso ini walaupun dalam prosesnya bisa dikatakan manual, tapi bisa menghasilkan rasa espresso yang unik dan tentu saja bisa dinikmati oleh para pecinta kopi, dengan rasa espresso yang pekat dan kental ini membuatnya tidak mudah dilupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.