Posted on Leave a comment

Mengenal Apa Itu BPR Beserta Dengan Fungsinya

ilustrasi kredit bank

Saat ini BPR telah banyak dikenal oleh masyarakat, baik itu masyarakat yang ada di kota ataupun di pinggiran. BPR sendiri bisa dikatakan sebagai bank yang berbeda dengan bank lain pada umumnya, karena keunggulan BPR akan berfokus pada daerah pinggiran dan membantu pemerintah dalam perkembangan nasional.

Mengenal Apa Itu BPR?

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat merupakan bank yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional dan berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah, sehingga dalam kegiatannya tidak memberikan jasa pada saat melakukan aktivitas pembayaran. BPR ini melaksanakan kegiatan usaha yang sama dengan bank umum, hanya saja memiliki kegiatan usaha secara konvensional dan syariah.

Jika dibandingkan dengan bank umum, BPR memiliki tugas yang lebih sempit. Hal ini dikarenakan BPR dilarang untuk menerbitkan produk simpanan giro, dilarang melaksanakan kegiatan asuransi, dan dilarang melakukan transaksi valas. Meskipun demikian, keunggulan BPR telah menjadi salah satu bank yang paling banyak dicari oleh orang karena jasanya sangat diperlukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. 

Fungsi BPR

Sebagai bank yang memberikan layanan untuk daerah yang berada di pinggiran, BPR memiliki peran yang sangat penting dalam penyediaan fasilitas layanan perbankan bagi masyarakat. BPR juga berperan dalam menunjang pelaksanaan pembangunan secara nasional yang diharapkan mampu untuk meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, serta stabilitas nasional untuk terciptanya suatu kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, BPR juga memiliki beberapa fungsi lain sebagai berikut :

  1. Menyediakan layanan perbankan kepada para masyarakat yang ada di daerah pinggiran yang biasanya belum memiliki akses terhadap bank umum.
  2. Membantu pemerintah dalam memberikan pendidikan kepada para masyarakat terkait dengan sektor keuangan demi pembangunan desa. 
  3. Membantu pemerintah dalam mendidik dan mengembangkan pemahaman masyarakat terhadap lembaga keuangan formal agar mereka terhindar dari praktek rentenir.
  4. Membantu menciptakan pengusaha-pengusaha yang ada di pedesaan demi mengembangkan perekonomian di desa tersebut, serta mendorong terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu BPR (Bank Perkreditan Rakyat) beserta dengan fungsi yang dimiliki oleh BPR itu sendiri. Ternyata, BPR bukan hanya sebuah bank biasa, namun keunggulan BPR membuatnya menjadi salah satu bank yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.