Posted on Leave a comment

Apa Saja Syarat dan Cara Les A Level? Simak Penjelasannya

les a level

Apakah Anda saat ini menginginkan mempunyai kualifikasi yang dapat diterima oleh perguruan tinggi maupun perusahaan di semua penjuru dunia? Tenang saja karena terdapat les A level atau advance level yang akan membantu Anda mewujudkan impian tersebut. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu A Level?

A level adalah kualifikasi yang sudah diakui secara internasional dan tentunya akan dibutuhkan agar Anda bisa masuk ke dalam beberapa program universitas ataupun kesempatan di dalam pelatihan profesional. Umumnya para siswa akan belajar A level ketika usia 17 atau 18 tahun. A level sendiri dapat membantu Anda untuk memperoleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Memulai karir yang Anda idamkan.
  2. Memperoleh tempat universitas atau perguruan tinggi baik di luar ataupun di dalam negeri.
  3. Mencari tahu lebih banyak lagi terkait dengan subjek yang Anda sukai. 

Syarat Pendaftaran A Level

Terdapat beberapa persyaratan yang nantinya harus Anda lakukan sebelum memulai les A level. Syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Usia berada di rentang 16 hingga 19 tahun. Sedangkan ketika mengikuti kursus persiapan antara usia 14 hingga 19 tahun.
  2. Minimal sudah selesai kelas 10. Sedangkan ketika mengikuti kursus persiapan minimal sudah kelas 8.
  3. Skor IELTS mencapai 5,5 atau 52/70 di dalam Tes Bahasa Inggris EF. Sedangkan ketika Anda ingin memulai kursus persiapan, maka hanya tergantung kepada level Bahasa Inggris. 

Cara Mendaftar Les A Level

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar program les A level seperti di bawah ini:

  1. Mengisi formulir secara online serta melampirkan beberapa dokumen seperti scan paspor, jawaban singkat terkait pertanyaan yang diajukan di dalam formulir online, transkrip sekolah resmi, referensi akademik, dan lain sebagainya.
  2. Setelah itu, Anda harus mengikuti tes penerimaan yang terdiri dari SSAT (Tes Penerimaan Sekolah Menengah) atau CAT4 (Tes Kemampuan Kognitif) yang digunakan untuk menilai kelemahan dan kekuatan diri Anda serta mengidentifikasi preferensi dari belajar Anda. Bagi Anda yang ternyata bukan penutur asli Bahasa Inggris, tentunya wajib mengikuti tes Bahasa Inggris.
  3. Cara ketiga adalah dengan berkonsultasi dengan seorang konsultan dari penerimaan supaya Anda bisa menentukan program apa yang sejalan dan ideal dengan cita-cita serta kemampuan yang Anda miliki. 
  4. Anda perlu mengajukan aplikasi visa. Setelah Anda selesai melalui berbagai proses pendaftaran, 

Perlu diketahui juga bahwa syarat dan cara mendaftar les A level antara satu lembaga dengan lembaga yang lainnya bisa berbeda tergantung di mana Anda melakukan pendaftaran. Apabila ternyata Anda ingin mengetahui informasi jelasnya, maka silahkan menghubungi lembaga les yang bersangkutan. Semoga informasi tersebut bisa membuat Anda lebih bersiap diri untuk mendaftar les.

Leave a Reply

Your email address will not be published.